Selasa, Oktober 17, 2017
   
Text Size

Memilih Nama Domain Untuk Website Anda

Sebelumnya anda harus mengerti apa sebenarnya nama domain itu. Nama domain adalah nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi atau menunjuk ke suatu server dalam jaringan internet, nama domain bisa juga disebut sebagai “alias” dari IP address suatu server. Nama domain sangat membantu untuk mempermudah pengguna internet untuk menghubungi server (atau komputer) tertentu, karena nama domain mudah diingat dan bisa diasosiasikan dengan identitas tertentu. Tanpa nama domain, apabila kita ingin menghubungi suatu server (membuka sebuah website) kita harus menulis IP address server tersebut, dan tentunya akan sangat merepotkan mengingat-ingat alamat IP address suatu website. Sebagai contoh IP address google adalah 74.125.43.104, kita hanya perlu menuliskan google.com yang tentunya lebih mudah diingat dan mudah dituliskan daripada harus mengingat 74.125.43.104.

Tips memilih nama domain yang tepat untuk website anda

Nama domain sebaiknya sama dengan nama website anda

Sebagai contoh, anda ingin membuat website untuk perusahaan anda PT.Maju-mundur, website tersebut berisi informasi tentang produk yang perusahaan anda buat, dan fokus terhadap produk anda yaitu batu-bata, di pasaran produk anda sudah cukup dikenal dengan nama bata merah. Tentunya nama website yang tepat adalah batamerah, Untuk nama domain yang tepat anda bisa memilih nama batamerah.com sebagai alternatif utama. Kenapa tidak menggunakan majumundur.com? karena website anda ini lebih fokus ke produk batu bata anda, dan produk anda lebih dikenal daripada perusahaan pembuatnya. Dan untuk profil perusahaan anda, anda bisa membuat website lain seperti majumundur.com.

Nama barang atau nama merek produk?

Pada contoh diatas, tips untuk nama website anda adalah batamerah.com. Ada beberapa yang berpendapat untuk memakai nama barang saja, alih-alih nama merek produk, jadi apabila kita ambil contoh diatas maka nama domain website anda menjadi batubata.com. Kedua pilihan bisa saja tepat, tergantung kasusnya, tetapi saya pribadi lebih memilih nama merek produk ketimbang nama barang, karena batamerah lebih spesifik ke produk anda, sedangkan batubata lebih universal.
Nama domain yang panjang atau pendek?

Misal website anda berisi info lowongan pekerjaan, anda bisa memilih versi panjang sebagai nama domain, yaitu infolowonganpekerjaan.com, atau versi pendek infokerja.com. Hal ini masih menjadi perdebatan, ada beberapa yang berperndapat nama panjang lebih menguntungkan karena lebih deskriptif, ada juga yang berendapat nama pendek lebih menguntungkan karena lebih mudah diingat. Memang semua ada benarnya, dan juga tergantung pada kasus, tetapi saya pribadi lebih memilih nama yang pendek, karena lebih mudah diingat, dengan catatan nama pendek bisa mewakili konteks yang diinginkan.

.com atau .net? atau co.id atau lainnya?

Sebenarnya semua domain sama saja kalau dilihat dari sudut pandang mesin (computer), jadi .com .net .org dan sebagainya mempunyai tingkatan yang sama yaitu Top Level Domain (TLD). Memang untuk penggunaannya disarankan untuk sesuai dengan ekstensinya, apabila peruntukan komersial gunakan .com, untuk organisasi gunakan .org, dan seterusnya. Selain itu ada domain spesifik untuk negara tertentu, misal .id yang merupakan Country Top Level Domain (cTLD) untuk Indonesia. jadi apabila target dari website anda sebagian besar di indonesia anda bisa menggunakan domain .id.
Tetapi perlu diingat, yang tersedia di indonesia hanya Second Level Domain (SLD) contoh: co.id, web.id, dan sebagainya. Ada beberapa yang berpendapat Second Level Domain kurang menguntungkan, terutama berhubungan dengan SEO, tapi saya pribadi belum pernah menemukan data yang betul-betul akurat tentang ini, tapi yang jelas pendaftaran domain .co.id membutuhkan beberapa persyaratan dan proses registrasinya memakan waktu, selain itu penamaan domain .co.id juga harus disetujui oleh pengelola (Depkominfo dan PANDI), jadi bisa saja apabila kita mendaftar batamerah.co.id walaupun masih ada, tetapi tidak bisa diregistrasi karena tidak disetujui.
Secara umum saya berpendapat, kalau masih tersedia sebaiknya memakai domain .com. alasannya .com sudah begitu melekat pada masyarakat luas dan diasosiakan sebagai alamat internet sesuatu atau seseorang, dan masih banyak orang yang awam dunia internet tidak mengetahui ada nama domain selain .com.

Tips singkat lain dalam memilih nama domain

  1. Nama domain dibuat sependek mungkin, tanpa mengurangi maksud dan arti.
  2. Mudah diucapkan dan didengarkan lafalnya.
  3. Mudah dituliskan.
  4. Memakai kata kata yang umum digunakan.
  5. Mengandung keyword (untuk SEO).
  6. Mengandung deskripsi website (tetapi singkat).
  7. Belilah nama domain yang mirip (sebagai alternatif).
  8. Jangan memuat singkatan yang tidak berarti.
  9. lakukan survey, apakah nama domain yang anda pilih berkonotasi negatif di daerah lain.

Kesimpulan

Nama domain adalah identitas anda atau perusahaan anda di jaringan internet, jadi pilihlah dengan bijak, perhatikan beberapa aspek yang mungkin berpengaruh. Setiap pertimbangan menjadi berbeda untuk kasus yang berbeda pula, jadi tips yang saya sebutkan disini mungkin tidak cocok dalam kasus anda. Daftarkan nama domain dari registrant yang terpercaya, pastikan anda membeli dan mendapat akses dan kendali penuh atas nama domain anda.

Hubungi Kami

Apabila Anda butuh informasi lebih lengkap dan cepat silakan segera hubungi:

Telp / SMS : ISMAIL
0815 1918 7688 (INDOSAT)
0878 8332 1122 (XL)

Email :
ismail.jayaweb@gmail.com

Transfer Pembayaran

Data Pengunjung

Hari ini29
Kemarin209
Minggu ini238
Bulan ini3052
Total Pengunjung479756

Currently are 16 guests online