Jumat, Oktober 31, 2014
   
Text Size

Bisnis Apotik

Diferensiasi memang diperlukan untuk dapat berkompetisi di dalam pasar yg penuh dgn persaingan seperti di dalam peluang usaha apotik ini. Namun demikian, saya ingin terlebih dahulu mengingatkan Anda agar jangan melupakan hal-hal ? standar? yg juga dapat mempengaruhi keberhasilan Peluang usaha apotik ini.

Pertama-tama, lokasi. Ingat, walaupun jarak antar apotik tidak diatur oleh pemerintah, namun Anda harus mempertimbangkan potensi peluang usaha di wilayah tersebut, seperti jumlah penduduk dan daya beli penduduknya. Perlu juga dipertimbangkan keberadaan layanan kesehatan lainnya di daerah tersebut, seperti dokter, puskesmas, rumah sakit, dan tentu saja, apotik lainnya. Dan lokasi yg strategis untuk bangunan apotik akan menentukan apakah konsumen akan tertarik datang ke apotik

Kedua, jangan lupa lengkapi bangunan dan peralatan apotik. Jangan sampai konsumen mengalami pengalaman pertama berbelanja yg tidak mengenakan di apotik Anda, baik pada saat menunggu resep.

Nah, dalam hal diferensiasi, coba aturlah apotik menjadi semacam convenience store kecil. Mulailah memikirkan produk-produk apa yg bisa Anda sekalian jual di apotik, produk yg banyak dicari orang. Misalnya, bila di sekitar Anda agak sulit untuk menemukan penjual kosmetik, pertimbangkan untuk menjajakan produk-produk kecantikan disitu. Makanan dan minuman kecil juga bisa Anda pertimbangkan, yg selain bisa menambah pemasukan, juga akan menambah kenyamanan pembeli obat yg menunggu resepnya. Yg perlu diperhatikan adalah barang-barang yg sifatnya impulsif (konsumen tertarik membeli setelah melihatnya) harus berada di rak terdepan, bila perlu tepat di depan pintu masuk.

Setelah barang-barang impulsif tersebut, Anda bisa menaruh rak yg diisi oleh obat-obatan tradisional seperti jamu. Pengikut setia obat-obatan tradisional masih banyak di Indonesia, dan marjinnya bisa lebih menarik daripada menjual obat bermerk dimana produsen obat kelas kakap memiliki kekuatan untuk memaksakan harga kepada distributor kecilnya..

Lalu siapkan rak yg berisi obat-obat bebas/OTC. Untuk membedakan dgn apotik lain, lengkapilah koleksi obat-obat bebas itu sebisa mungkin, khususnya produk unggulan. Bila apotik Anda lebih lengkap daripada apotik pesaing, konsumen akan lebih cenderung memilih apotik Anda, walaupun misalnya, harga jualnya sedikit lebih mahal.

Yg terakhir, untuk obat resep/ethical, diferensiasi dari segi kualitas layanan dan harga dapat dicoba. Untuk harga, pertimbangkan tingkat keuntungan yg kompetitif (lebih rendah) dibandingkan pesaing secara konstan untuk segmen obat resep ini. Saya menganjurkan agar segmen ini diperlakukan sebagai penarik konsumen saja, dan berharap agar keuntungan yg tipis dari segmen ini akan dikompensasi dgn tingginya tingkat penjualan, dan sumbangsih banyaknya penjualan barang-barang lainnya dgn marjin lebih bagus di apotek Anda.

Semoga sukses buat Anda dgn usaha apotiknya!

Pasang Profil Usaha Gratis

Login Form

Data Pengunjung

Hari ini44
Kemarin499
Minggu ini2654
Bulan44
Semua123870

Currently are 6 guests online